PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) mengatakan ilmu agama yang baik bisa menjadi benteng seseorang agar tidak terjerumus hal negatif. Hal ini disampaikan oleh Bupati Tiwi dalam sambutannya pada acara Pengajian Akbar Haflah At-Tasyakkur Alakhtitamiddurus di Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam, Desa Cipawon, Kecamatan Bukateja, Rabu Malam (8/3/2023).

Bupati Tiwi mengapresiasi dan berterima kasih kepada Pimpinan dan pengasuh Ponpes Darussalam yang sudah memberikan perhatian di bidang ilmu keagamaan, pendidikan khususnya di bidang mental spiritual. Menurutnya, pimpinan dan pengasuh Ponpes telah memberikan pendampingan yang luar biasa bagi para santriwan dan santriwati.

“Bapak/Ibu Wali Santri tidak salah menentukan pilihan untuk menitipkan putra/putrinya untuk dididik ilmu agama di Ponpes Darussalam,” kata Bupati Tiwi.

Menurutnya, di tengah-tengah perkembangan jaman, ada banyak permasalahan dan tantangan bangsa yang sangat luar biasa. Tidak sedikit generasi muda yang terjerumus dalam pergaulan bebas, narkoba, minuman keras bahkan paham radikal.

“Yang bisa membentengi anak-anak kita dari perilaku negatif kemudian paham radikal adalah ilmu agama yang baik. Jadi keputusan bapak/ibu wali santri menitipkan putra putringa di Ponpes Darussalam merupakan pilihan yang tepat,” ujarnya.

Atas nama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga, Bupati Tiwi menghaturkan terima kasih kepada para alim ulama, para pimpinan ponpes yang ada di Purbalingga yang sudah mendidik generasi agar tidak terjerumus dalam hal negatif. Santriwan dan santriwati didampingi dan dibekali ilmu agama agar mereka bisa mendarmabaktikan hidup mereka untuk melakukan syiar islam.

“Sehingga mereka bisa menjadi penerus bangsa yang sholeh-sholehah, generasi bangsa yang insani, qurani, berakhlakul karimah yang insya allah nisa ikut berkontribusi dalam membangun Kabupaten Purbalingga,” imbuh Bupati Tiwi.

KH Arifin Abdul Ghofur, Pimpinan Ponpes Darussalam menyampaikan terima kasih kepada Bupati Tiwi atas kepeduliaannya terhadap pimpinan dan pengasuh ponpes serta santriwan-santriwati. KH Arifin pun turut mendoakan agar Kabupaten Purbalingga senantiasa diberikan perlindungan, dijauhkan dari musibah dan bencana.

“Semoga Ibu Bupati dan jajarannya serta seluruh masyarakat Purbalingga selalu mendapat lindungan dan berkah dari Allah SWT,” ungkap KH Arifin. (Lil/Humpro)