PURBALINGGA – Polres Purbalingga bersama jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda)
Kabupaten Purbalingga melaksanakan penanaman pohon secara serentak. Sebanyak 1000 bibit pohon ditanam sebagai bentuk kepedulian untuk mengurangi efek rumah kaca (global warming).

“Polres Purbalingga telah selesai melakukan penanaman 1.000 bibit pohon secara serentak. Terdiri dari 500 bibit pohon albasia, 100 bibit pohon mangga, 200 bibit pohon rambutan, dan 200 bibit pohon sirsak,” jelas Kapolres Purbalingga AKBP Hendra Irawan SIK di sela-sela acara penanaman serentak di Kelurahan Kalikabong Kecamatan Kalimanah, Rabu (23/8/2023).

Dikatakan, kegiatan tanam pohon serentak ini merupakan puncak acara ASEAN Ministerial Meeting on Transnational Crime (AMMTC) ke-17 dan rangkaian peringatan HUT ke-78 RI yang dihelat di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. “Kapolri memimpin penanaman pohon di Pulau Rinca. Pohon yang ditanam adalah dari jenis tanaman produktif keras dan buah-buahan, seperti bungur, trembesi, bakau, ” kata dia.

AKBP Hendra menuturkan, penanaman pohon di Purbalingga dipusatkan di Kelurahan Kalikabong.
Namun, penanaman pohon lainnya juga dilakukan di sejumlah tempat lain, yakni di masing-masing wilayah kepolisian sektor (polsek) di Purbalingga.

Wabup Purbalingga H Sudono ST MT yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, mengapresiasi upaya penghijauan yang digalakkan Polri. Ia berharap dengan penanaman pohon ini membuat lingkungan khususnya di Purbalingga lebih baik lagi dan lebih hijau.

 “Pemkab Purbalingga sangat mengapresiasi kepada Polri, Polres Purbalingga, beserta jajaran yang telah melaksanakan kegiatan penghijauan di wilayah Purbalingga. Semoga kegiatan ini bisa mendorong kesadaran masyarakat untuk terus memiliki kepedulian terhadap lingkungan,” kata dia.

Dikatakan, perubahan iklim ekstrem yang terjadi sebagai dampak El Nino dirasakan oleh masyarakat Indonesia secara luas. Sejumlah wilayah di tanah air seperti diketahui mengalami kekeringan bahkan kebakaran hutan dan lahan.

“Semoga dengan adanya penghijauan ini bisa menjadi investasi bagi Purbalingga dalam menghadapi perubahan iklim di masa depan,” ujar dia.

Kegiatan penanaman pohon ber-tagline “Polri Melestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini” ini berhasil mendapatkan penghargaan dari MURI. Penghijauan ini memecahkan rekor penanaman bibit pohon serentak terbanyak. Total ada 21 juta pohon yang hari ini ditanam oleh Polri di berbagai wilayah di Indonesia.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanud, Dandim, Ketua Pengadilan Negeri Purbalingga, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Purbalingga. (tha/prokompim)