PURBALINGGA – Pelaksanaan kegiatan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) Puskesmas Kemangkon, Desa Kedungbenda memborong aneka bantuan infrastruktur dari pemerintah yang diserahkan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. Infrastruktur tersebut antara lain Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Setempat (SPALD-S) dan pemugaran Rumah Tidak Layak Huni (RTLH).

“Kebetulan Kedungbenda ini salah satu desa yang kemarin (2023) mendapatkan bantuan DAK (Dan Alokasi Khusus) Fisik Air Minum dan SPAL Sanitasi dari Pemkab Purbalingga, kebetulan tahun ini juga masih berlanjut. Dadi akeh banget bantuan pemerintah untuk Kedungbenda apalagi tahun ini juga mendapat mobil Ambulans Siaga gratis,” lanjut Bupati Tiwi dalam acara Germas yang diselenggarakan di Lapangan Desa Kedungbenda, Rabu (19/6/2024). 

Untuk diketahui tahun 2024 ini Desa Kedungbenda mendapatkan DAK Sanitasi sebesar Rp 510 juta untuk membangun SPALD-S di 51 rumah. Secara simbolis, Bupati meletakan batu pertama pembangunan SPALD-S di rumah Eran Purnama RT 01 RW 03. Tahun ini Desa Kedungbenda juga mendapat bantuan DAK Air Minum sebesar Rp 700 juta yang disalurkan ke 100 rumah.

Sedangkan bantuan pemugaran RTLH, Desa Kedungbenda mendapatkan alokasi 5 rumah dengan sumber anggaran APBD Provinsi Jawa Tengah masing-masing sebesar Rp 20 juta. Bupati Tiwi meninjau pemugaran RTLH di rumah Sukiman RT 01 RW 01 yang sudah berjalan 70%.

“Mudah-mudahan rumah yang nanti direhab menjadi rumah yang lebih sehat dan membawa keberkahan bagi Bapak Sukiman,” harap Bupati Tiwi.

Kegiatan Germas ini, Bupati Tiwi menemui ibu-ibu kader kesehatan se-Kecamatan Kemangkon. Bupati mengapresiasi, Angka Kematian Ibu (AKI) di tahun 2024 ini bisa nol kasus.

“Angka stunting di Kecamatan Kemangkon juga 6,7 persen ini berarti sudah 1 digit atau di bawah 10 persen. Luar biasa untuk Kecamatan Kemangkon. Berarti ibu-ibu selama ini jalan sosialisasi kepada masyarakat ana hasile. Saya harap semangat ini bisa terus kita uri-uri,” katanya.

Pada kesempatan ini, Bupati mengajak kepada para kader kesehatan untuk terus mensosialisasikan pesan Germas kepada masyarakat, antara lain : pemeriksaan kesehatan rutin, istirahat cukup, makan buah dan sayur, tidak merokok, dan melakukan aktivitas fisik. Kegiatan germas juga dimeriahkan doorprize dengan aneka hadiah menarik.(Gn/Prokompim)