PURBALINGGA – Memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) Ke 31 Tingkat Kabupaten Purbalingga, Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi bagi-bagi doorprize untuk para kader KB. Kegiatan ini sebagai penghargaan kepada para kader KB yang punya peran strategis dalam program KB dan mewujudkan sumber daya manusia yang unggul.

“Ibu kader punya peranan luar biasa dalam membentuk keluarga yang berkualitas. Keluarga yang berkualitas tidak terlepas dari keluarga yang sehat. Anak anaknya juga paling tidak terbebas stunting. Ibu kader KB dan Tim Pendamping Keluarga tentunya sudah door to door memberikan penyuluhan,” kata Bupati Tiwi dalam peringatan Harganas Ke-31 Tingkat Kabupaten Purbalingga, Minggu, (30/6/24) di Halaman GOR Goentoer Darjono.

Sejumlah doorprize yang dibagikan antara lain : Sepeda, Kulkas, Kompor gas, Kipas angin, dan lain sebagainya. Kegiatan ini diikuti sekitar 2000 peserta melibatkan : Penyuluh KB, Petugas Lapangan KB, kader KB yang terdiri dari Pembantu Pembina KB Desa (PPKBD) dan Sub PPKBD.

Bupati menyampaikan terima kasih, atas segala pengabdian kerja keras kontribusi yang dilakukan para kader KB dalam bantu program pemerintah. Tidak hanya membantu menekan angka stunting tapi juga mensukseskan program keluarga berencana.

“Keluarga berkualitas tidak hanya bebas stunting tapi juga ada perencanaan yang baik. Caranya tidak boleh 4 terlalu. Terlalu muda melahirkan. Terlalu tua melahirkan. Terlalu dekat melahirkan dan Terlalu banyak melahirkan,” katanya.

Bupati berharap ke depan para Kader KB bisa terus bersinergi, bergandengan tangan dan merapatkan barisan bersama Pemkab Purbalingga. Khususnya dalam mensukseskan program keluarga berencana dan bebas stunting, sehingga akan terwujud ‘Keluarga Berkualitas Menuju Indonesia Emas’ sebagaimana tema Harganas ke 31 ini.

Untuk diketahui rangkaian peringatan Harganas kali ini diawali dengan kegiatan senam bersama serta pembagian aneka bantuan, antara lain : penyerahan dana hibah kepada 11 paguyuban Mardilayon, 1 panti asuhan, serta 6 kelompok usaha bersama (KUBE). Dilanjutkan penyerahan pembagian aneka doorprize yang disponsori oleh BPJS Kesehatan, Bank Jateng, BPR BKK dan Dinsosdalduk-KBPPPA.(Gn/Prokompim)