PURBALINGGA – Mengoptimalkan penyelenggaraan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan serta pemberdayaan di desa menjadi konsen Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi). Menurutnya, maju dan berkembangnya pemerintahan desa menjadi tolak ukur kesuksesan pembangunan di tingkat kabupaten.

“Membangun desa dibutuhkan sinergi dari berbagai pihak atau elemen masyarakat,” kata Bupati Tiwi saat Pengukuhan Pengurus Paguyuban Ketua RT (PKRT) Kecamatan & Desa serta Penyerahan SK Penyesuaian Masa Jabatan Anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) se Kecamatan Bobotsari, Jumat (13/09/2024).

Bupati Tiwi mencontohkan, untuk membangun desa, seorang kepala desa (kades) diharuskan bisa merangkul semua elemen yang ada di desa. Mulai dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD), perangkat desa, hingga para ketua Rukun Tetangga.

“Semua memiliki peranan yang sama dalam membangun desa. Tak hanya merangkul elemen yang ada di desa, kades juga harus bisa menjalin sinergi dengan pemerintah di atasnya, dalam hal ini adalah pemerintah kabupaten,” kata Bupati. (*)