TRENDING:

Video pedoman penyusunan Laporan Keterangan Pertanggung...
Tak Ambil Gaji, Bupati Fahmi Salurkan Untuk Kelompok ya...
Audiensi Politeknik Madyathika, Bupati Tiwi Ajak Kolabo...
  • Beranda
  • Profil
    • VISI & MISI
    • SOTK SETDA
  • Asisten Pemerintahan & Kesra
    • Bagian Pemerintahan
    • Bagian Hukum
    • Bagian Kesra
  • Asisten Ekonomi & Pembangunan
    • Bagian Perekonomian
    • Bagian Administrasi Pembangunan
    • Bagian Pengadaan Barang/Jasa
  • Asisten Administrasi Umum
    • Bagian Organisasi dan Tata Laksana
      • IKM
    • Bagian Humas
    • Bagian Umum
  • Staf Ahli
  • Berita
setda.purbalinggakab.go.id
  • Beranda
  • Profil
    • VISI & MISI
    • SOTK SETDA
  • Asisten Pemerintahan & Kesra
    • Bagian Pemerintahan
    • Bagian Hukum
    • Bagian Kesra
  • Asisten Ekonomi & Pembangunan
    • Bagian Perekonomian
    • Bagian Administrasi Pembangunan
    • Bagian Pengadaan Barang/Jasa
  • Asisten Administrasi Umum
    • Bagian Organisasi dan Tata Laksana
      • IKM
    • Bagian Humas
    • Bagian Umum
  • Staf Ahli
  • Berita

Select Page

Raih Nilai 99,75 dalam Visitasi dan Verifikasi Keterbukaan Informasi Publik, Bupati Fahmi Tekankan Dampak Nyata Bagi Masyarakat

Posted by humas setda | Oct 28, 2025 | Bagian Humas, Berita | 0 |

Raih Nilai 99,75 dalam Visitasi dan Verifikasi Keterbukaan Informasi Publik, Bupati Fahmi Tekankan Dampak Nyata Bagi Masyarakat

PURBALINGGA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Purbalingga meraih nilai rata-rata 99,75 dalam tahapan visitasi dan verifikasi Monitoring Evaluasi (Monev) Keterbukaan Informasi Publik tahun 2025 oleh Komisi Informasi Provinsi (KIP) Jawa Tengah, Selasa (28/10/2025) di OR Graha Adiguna.

Visitasi dilakukan langsung oleh Wakil Ketua KIP Jawa Tengah Brigjen Pol (Purn) Setiadi selaku ketua tim. Dalam kegiatan ini, tim KIP melakukan verifikasi faktual terhadap Self Assessment Questionnaire (SAQ) Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Badan Publik Pemkab Purbalingga. Verifikasi tersebut mencakup aspek informasi publik berkala, informasi setiap saat, serta-merta, informasi yang dikecualikan, kelembagaan PPID, dan pelayanan informasi publik.

“Dengan demikian nilai akumulasi dari visitasi rata-rata adalah 99,75,” kata Setiadi

Selain melakukan verifikasi, KIP Jawa Tengah juga berperan sebagai konsultan agar pelayanan informasi publik di Purbalingga semakin optimal. Setiadi menambahkan, layanan informasi publik yang baik akan berbanding lurus dengan peningkatan kualitas pelayanan publik di seluruh organisasi perangkat daerah.

Sementara itu, Bupati Purbalingga Fahmi Muhammad Hanif menyampaikan harapan agar pada tahun 2025 ini Pemkab Purbalingga dapat mempertahankan predikat sebagai kabupaten informatif, sekaligus mewujudkan Purbalingga sebagai kabupaten yang inovatif.

“Pada prinsipnya, upaya Pemerintah Kabupaten Purbalingga untuk meraih predikat sebagai Badan Publik yang Informatif sekaligus Inovatif ini bukan hanya sekadar mengupayakan pencapaian nilai di atas kertas saja, tetapi kita harus memastikan capaian kinerja ini benar-benar memberi dampak nyata bagi masyarakat Kabupaten Purbalingga,” kata Bupati Fahmi.

Pada kesempatan yang sama, Plt Asisten Administrasi Umum Sekda, Ato Susanto, mewakili Atasan PPID Utama Sekda Herni Sulasti, memaparkan tata kelola informasi publik di Kabupaten Purbalingga tahun 2025. Ia menjelaskan bahwa visi pembangunan daerah tahun ini diwujudkan melalui misi Purbalingga B-A-R-U, yaitu Bangkitkan Ekonomi Kerakyatan, Akselerasi Pembangunan Infrastruktur secara berkelanjutan, Reformasi Birokrasi dan Pelayanan Publik, serta Unggulkan Kualitas Sumber Daya Manusia.

Menurut Ato, Pemkab Purbalingga telah mengembangkan berbagai layanan publik berbasis digital, seperti layanan kesehatan melalui aplikasi ePasien RSUD dr. Goeteng Taroenadibrata, perizinan melalui Online Single Submission (OSS), pendidikan melalui SPMB Online, kanal aduan Lapor MasBup, survei kepuasan masyarakat Alpukat, serta website transparansi pada 30 OPD, 18 kecamatan, 22 puskesmas, 15 kelurahan, 138 desa, dan satu website PPID.

“Hampir seluruh pelayanan publik di Purbalingga ini sudah dilakukan digitalisasi. Misalkan saja di RSUD Goeteng sudah ada aplikasi antrean hingga rekam medik,” ujarnya.

Portal Lapor MasBup menjadi salah satu inovasi unggulan dalam mempercepat tindak lanjut aduan masyarakat terkait pelayanan publik, kinerja aparatur, maupun penyelenggaraan pemerintahan.

Pemkab Purbalingga juga terus memperkuat infrastruktur dan transparansi pembangunan melalui slogan ‘Alus Dalane, Kepenak Ngodene’. Dengan dukungan peningkatan anggaran perbaikan jalan dari Rp13 miliar menjadi Rp122 miliar, Pemkab menghadirkan aplikasi Smart DPU, yang menampilkan data infrastruktur publik seperti jalan, gedung, jembatan, dan irigasi.

“Sistem ini juga terintegrasi dengan aduan. Ada fitur yang memungkinkan pengaduan masyarakat terkait infrastruktur langsung dihubungkan dengan titik koordinat. Ini membantu mempercepat respons teknis dari OPD,” jelas Ato.

Selain inovasi digital, Pemkab Purbalingga juga mengalokasikan anggaran sebesar Rp7,7 miliar untuk mendukung kegiatan keterbukaan informasi publik. Saat ini, Pemkab tengah menyusun Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Keterbukaan Informasi Publik yang sedang dalam tahap harmonisasi di Biro Hukum Pemprov Jawa Tengah, serta rancangan Peraturan Bupati tentang Standar Pelayanan Informasi Publik Penyelenggaraan Pemerintahan.(Gn/Prokompim)

Share:

Rate:

PreviousBupati Fahmi Ajak Pemuda Purbalingga Jadi Penentu Sejarah Baru Indonesia
NextPemkab Purbalingga dan Fakultas Teknik Unsoed Bahas Peluang Kolaborasi Tingkatkan Kualitas Infrastruktur Daerah

About The Author

humas setda

humas setda

Related Posts

Jelang Pemilu, Bupati Tiwi Tegaskan  Netralitas ASN

Jelang Pemilu, Bupati Tiwi Tegaskan  Netralitas ASN

November 24, 2023

Apel Sinergitas Persiapan HUT ke-78 RI, Alun-alun Disemprot Eco Enzym

Apel Sinergitas Persiapan HUT ke-78 RI, Alun-alun Disemprot Eco Enzym

July 21, 2023

Dikukuhkan, Bupati Tiwi Ajak Pengurus MUI 18 Kecamatan Jadi Pemberi Solusi Masalah Keagamaan

Dikukuhkan, Bupati Tiwi Ajak Pengurus MUI 18 Kecamatan Jadi Pemberi Solusi Masalah Keagamaan

July 7, 2024

TMMD Sengkuyung III di Tumanggal, Pembangunan Kolaboratif untuk Kesejahteraan Masyarakat

TMMD Sengkuyung III di Tumanggal, Pembangunan Kolaboratif untuk Kesejahteraan Masyarakat

July 23, 2025

Leave a reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

RSS Berita Purbalingga

  • HUT IIDI ke-71, Bersatu Mewujudkan Pengabdian Pada Masyarakat untuk Indonesia yang Sehat
  • Sensus Ekonomi 2026, Warga Purbalingga Diminta Kooperatif Dalam Memberikan Data
  • 100 Tukang Becak di Purbalingga Terima Bantuan Becak Listrik dari Presiden Prabowo
  • Purbalingga Menemukenali Ekonomi Kreatif Unggulan melalui Sosialisasi PMK3I
  • Purbalingga Peringati Hari Disabilitas Internasional, Tekankan Komitmen Mewujudkan Masyarakat Inklusif

Recent Posts

  • 100 Becak Listrik Prabowo Mengaspal, Wabup Dimas Tegaskan Pengawasan Berkala
  • Purbalingga Dorong Kesetaraan dan Kemandirian Penyandang Disabilitas
  • Monitoring Proyek, Bupati–Wabup Minta Warga Ikut Kawal dan Merawat Jalan Baru
  • Sekda Herni: Larwasda Jadi Momentum Penguatan Integritas Pengawasan Daerah
  • Pemkab Purbalingga–Kejari Teken PKS Penerapan Pidana Kerja Sosial

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum

Layanan Pengadaan Secara Elektronik

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan

Portal Informasi Kerajinan

Recent Comments

  • Kamaludin on Tak Ambil Gaji, Bupati Fahmi Salurkan Untuk Kelompok yang Membutuhkan
  • WHR. on Audiensi Politeknik Madyathika, Bupati Tiwi Ajak Kolaborasi Bangun Purbalingga
  • tel u on Sekda : Tak Hanya Militer, Bela Negara Berlaku Semua Lapisan Masyarakat
  • tel u on Pemkab Purbalingga Kirim 6 Program untuk Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik 2023
  • Dwi Iswanti R. on 5000 Bibit Pohon Ditanam di Daerah Rawan Longsor Desa Siwarak

Designed by Elegant Themes | Powered by WordPress