PURBALINGGA – Akses masyarakat Purbalingga terhadap layanan cuci darah semakin dekat. Karena kini sudah ada layanan instalasi Hemodialisa di RSUD Panti Nugroho yang diresmikan oleh Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

“Pelayanan cuci darah baru ada di beberapa rumah sakit, salah satunya di RS Goeteng Tarunadibrata, mulai besok layanan cuci darah sudah bisa dilayani di RSUD Panti Nugroho,” kata Bupati Tiwi usai meresmikan Ruang Pelayanan Hemodialisa dan Mushola Asy-Syifa RSUD Panti Nugroho, Minggu (02/06/2024).

Dijelaskan, dalam beberapa tahun terakhir RSUD Panti Nugroho telah berhasil menorehkan capaian, di antaranya tahun 2023 telah mendapatkan akreditasi paripurna bintang lima. Kemudian di tahun 2024, rumah sakit ini berhasil naik kelas dari rumah sakit tipe D menjadi tipe C dengan pembenahan dan penambahan fasilitas layanan kesehatan yang dilakukan.

“Pelayanan kesehatan di RSUD Panti Nugroho tidak hanya berkaitan dengan ibu dan anak. Namun sekarang, telah melayani seluruh layanan poliklinik yang dimiliki rumah sakit lain. Termasuk fasilitas layanan hemodialisa,” jelas Bupati Tiwi.

Di usianya yang ke-52 tahun, Bupati Tiwi yang hadir bersama dengan Ketua Dekranasda Rizal Diansyah berpesan kepada seluruh jajaran civitas hospitalia RSUD Panti Nugroho tidak berpuas diri dengan capaian yang telah diraih, namun sebaliknya terus bersemangat untuk terus meningkatkan pelayanan kesehatan dan memberikan manfaat seluas-luasnya kepada masyarakat Purbalingga.

“Jangan lupa dalam melayani masyarakat harus selalu tersenyum. Jangan cemberut nanti pasiennya kabur karena takut. Jadi layanilah masyarakat dengan sebaik-baiknya,” kata dia.

Direktur RSUD Panti Nugroho Wahyu Alam Mardika mengatakan sejalan dengan motto RSUD Panti Nugroho yakni melayani sepenuh hati diharapkan capaian yang diraih RSUD Panti Nugroho diharapkan bisa kian menambah kepercayaan masyarakat kepada layanan kesehatan yang diberikan RSUD Panti Nugroho.
“Terima kasih kepada Bupati Purbalingga dan para stakeholder yang telah memberikan dukungan kepada RSUD Panti Nugroho sehingga kami bisa naik kelas menjadi rumah sakit tipe C dan mendapatkan akreditas paripurna,” kata dia.
Selain peresmian layanan hemodialisa dan Mushola Asy-Syifa, peringatan HUT ke-52 RSUD Panti Nugroho dimeriahkan dengan acara senam sehat bersama yang dilanjutkan dengan undian doorprize, di antaranya sepeda listrik, almari es, televisi dan ratusan doorprize lainnya. (tha/prokompim)