PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) meresmikan sejumlah proyek fisik di Desa Makam, Kecamatan Rembang, Rabu (3/7/2024). Dalam kegiatan “Bupati Tilik Desa” Bupati Tiwi meresmikan tiga ruas jalan desa yang selesai diaspal menggunakan anggaran dana desa dan balai Desa Makam.

Tiga ruas jalan tersebut antara lain, ruas jalan Pepunduhan-Panusupan senilai Rp 241.020.500, pengaspalan jalan RT 02/05 Dusun 3 senilai Rp 29.317.500, Jalan RT 05/9 Dusun 05 senilai Rp 96.900.000.

Sedangkan untuk Kantor Desa Makam menggunakan bantuan keuangan khusus (BKK) yang diberikan Pemkab Purbalingga kepada Pemdes Makam selama tiga tahun anggaran dalam rangka percepatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat. Yakni mulai tahun 2019, 2022, dan 2023 dengan total anggaran Rp 300 juta.

“Mudah-mudahan dengan telah diresmikannya balai Desa Makam bisa membawa manfaat untuk warga Desa Makam khususnya di dalam meningkatkan pelayanan terhadap seluruh warga di Desa Makam,” kata Bupati Tiwi.

Dalam sesi tanya jawab dengan warga, Bupati Tiwi menyampaikan jika pembangunan infrastruktur khususnya jalan di wilayah Kecamatan Rembang terus dilakukan secara bertahap. Semisal pembangunan ruas Jalan Raya Makam-Sumampir. Dijelaskan, pada tahun 2022 pemda melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) telah mengangarkan Rp 300 juta untuk pembangunan ruas jalan dari Desa Makam menuju Desa Sumampir. Dilanjut tahun 2024, pemda mengganggarkan Rp 300 juta untuk perbaikan ruas jalan dari Sumampir ke Makam.

“Esok tahun 2025, sisa ruas jalan ini akan kita upayakan bisa tersentuh melalui APBD Purbalingga. Syukur-syukur kita mendapatkan dana alokasi khusus (DAK) dari pemerintah pusat sehingga pembangunan jalan  Makam-Sumampir bisa rampung di tahun 2025 awal,” tegas Bupati Tiwi.

Dalam kesempatan yang sama, Bupati Tiwi juga turut menyemangati para pelaku kesenian lokal budaya di Desa Makam dengan meresmikan Grup Kuda Kepang Laras Budaya yang beranggotakan 30 orang. Dilanjutkan dengan meninjau pelayanan pelayanan posyandu Cempaka di Puskesmas Pembantu Desa Makam dan  meninjau stan UMKM Preman Kompak, Cokro Jasmo, dan UMKM Kopi Pbg.(tha/prokompim)