PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) resmi mengukuhkan 30 anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Purbalingga tahun 2024 yang akan bertugas mengibarkan Sang Saka Merah Putih pada HUT ke-79 Kemerdekaan Republik Indonesia di Alun-alun Purbalingga, Sabtu (17/08/2024). 

Bupati Tiwi berharap agar para anggota Paskibraka yang baru saja dikukuhkan dapat melaksanakan tugas pengibaran bendera dengan baik. Ia juga berpesan agar anggota Paskibraka terkukuh untuk terus semangat, fokus, serta menjaga kesehatan sehingga bisa melaksanakan tugas pengibaran Bendera Sang Merah Putih dengan lancar tanpa halangan suatu apa. 

“Besok, 17 Agustus 2024 adalah hari yang bersejarah bagi kalian, karena besok kalian akan melaksanakan tugas kenegaraan untuk Purbalingga. Selamat bertugas, saya percaya adik-adik mampu untuk melaksanakan tugas terbaik untuk Purbalingga,” kata Bupati Tiwi saat menjadi Pembina Upacara pada Pengukuhan Paskibraka Kabupaten Purbalingga Tahun 2024 di Pendopo Dipokusumo, Jumat (16/08/2024). 

Pada kesempatan yang sama, Bupati Tiwi juga berpesan agar para anggota Paskibraka terkukuh untuk bisa terus mencintai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dengan segenap jiwa raga. Jaga dan pertahankan NKRI dan ideologi bangsa, Pancasila sampai titik darah penghabisan. 

“Jangan pernah lelah untuk terus berkarya, berbuat, dan berprestasi membanggakan Purbalingga dan bangsa Indonesia,” kata dia. 

Kepala Badan Kesbangpol Purbalingga Pandi menjelaskan proses seleksi Paskibraka 2024 menggunakan aplikasi yang telah disiapkan oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP), termasuk proses pendaftaran. 

“Tahun ini, terdata ada sebanyak 280 siswa siswi Kabupaten Purbalingga yang mendaftar dan setelah seleksi ada sebanyak 31 peserta yang dinyatakan lolos,” kata dia. 

Dikatakan, tahun ini Pemkab Purbalingga mengirimkan dua putra putri terpilihnya untuk mengikuti seleksi Paskibraka tingkat Provinsi Jateng, dan hanya satu peserta atas Enggal Jibril dari SMA Negeri 1 Bobotsari. 

Acara pengukuhan dihelat di Pendopo Dipokusumo dan dihadiri oleh Ketua DPRD, jajaran Forkompimda, pelatih, Purna Paskibraka, dan orangtua anggota Paskibraka terkukuh.(tha/prokompim)