PURBALINGGA – Sebanyak 1800 guru SD, TK, dan PAUD se-Purbalingga mengikuti Lomba Senam Kreasi Wonderland Indonesia. Lomba yang diselenggarakan Pemkab Purbalingga di Alun-alun Purbalingga, Minggu (4/8/2024) ini guna memeriahkan bulan kemerdekaan.

Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi berharap lomba ini membawa manfaat kesehatan jasmani bagi para pendidik. “Semoga memberikan manfaat, memberikan hidup kita lebih sehat. Karena kalau kita sehat, ibu-ibu guru tentu mampu mencerdaskan generasi muda harapan bangsa,” kata Bupati Tiwi.

Lomba ini diikuti 18 tim peserta sesuai jumlah kecamatan di Purbalingga. Masing-masing tim terdiri dari 100 orang. Sebelum mengikuti sesi lomba mereka mengikuti Senam Sicita bersama Bupati, Wakil Bupati, Ketua DPRD, para Kepala OPD dan para Camat.

“Lomba senam kreasi ini manfaatnya luar biasa. Tidak sekadar memeriahkan peringatan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI, akan tetapi juga sesungguhnya mengompakkan guru-guru yang ada di Purbalingga,” katanya.

Beberapa aspek dinilai dalam perlombaan ini. Mulai dari kekompakan, penguasaan gerak, power, kreativitas, yel-yel dan teknik. Mereka akan memperebutkan Juara 1, 2, 3 dan Juara Harapan 1, 2, 3. Total hadiah yang diberikan sebesar Rp 40 juta.

“Yang tidak meraih juara nanti akan tetap mendapatkan uang pembinaan dari Dinporapar Purbalingga. Hari ini Bu Tiwi juga akan menilai sendiri untuk memilih 1 Juara Favorit,” katanya.

Menurut Bupati kegiatan perlombaan kali ini juga wujud dari apa yang jadi tema HUT Ke-79 Kemerdekaan RI tingkat Kabupaten Purbalingga, yaitu : Dengan Semangat Juang 1945, Mari Bergerak Bersama Mewujudkan Purbalingga, Maju, Sejahtera dan Berkelanjutan.(Gn/Prokompim)