PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi (Tiwi) menghadiri acara Sholawat Merah Putih yang dihelat di Lapangan Desa Sumampir, Kecamatan Rembang, Sabtu (21/09/2024). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka membangkitkan semangat nasionalisme dan cinta tanah air.

“Rasa cinta kepada tanah air adalah sebagian dari iman. Dan sudah menjadi kewajiban kita untuk mencintai tanah air, kalau bukan kita yang menjaganya siapa lagi. Apalagi belakangan banyak sekali oknum-oknum di luaran sana yang berupaya untuk memecah belah kebhinekaan bangsa Indonesia,” kata Bupati Tiwi.

Lebih lanjut Bupati Tiwi menyampaikan kegiatan Sholawat Merah Putih juga diadakan dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW. Termasuk dalam rangka meningkatkan rasa perseduluran, ukhuwah Islamiah antar seluruh warga masyarakat di Purbalingga, khususnya di Kecamatan Rembang.

“Dengan sholawat ini diharapkan sinergi antar ulama, umaro, dan umat akan kian terjalin dengan baik. Karena sinergi di antara ketiganya merupakan kunci dari kesuksesan pembangunan yang dilakukan di suatu daerah,” jelas bupati.

Menyinggung tentang perhelatan pesta demokrasi yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024, Bupati Tiwi menekankan pentingnya partisipasi aktif warga dalam proses demokrasi dan mengajak masyarakat untuk tidak golput pada Pilkada Serentak besok.

“Panjenengan yang sudah memiliki hak pilih wajib untuk besok datang ke TPS memberikan hak suaranya. Ampun golput!,” kata Bupati.

Menurutnya orang golput adalah orang yang tidak membutuhkan bantuan dan kebijakan dari pemerintah. Orang golput, lanjut bupati, adalah orang yang tidak memiliki aspirasi yang perlu diperjuangkan kepada pemerintah.

“Saya ingin mengajak semua masyarakat untuk kita bersama-sama mengawal jalannya pesta demokrasi di Kabupaten Purbalingga agar bisa berjalan dengan sukses dan lancar, aman , damai, dan kondusif,” kata dia.

Kegiatan Sholawat Merah Putih di Desa Sumampir dipimpin oleh Abah Hisyam Mawardi dari Semarang bersama dengan Laskar Mantap Sholawat-nya. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua Dewan HR Bambang Irawan, Sekda Purbalingga Herni Sulasti, jajaran asisten, kepala OPD, dan forkompimcam. (tha/prokompim)