PURBALINGGA – Pemkab Purbalingga menggelar Sarasehan Kebangsaan dengan sasaran khusus pemuda, Minggu (23/6/2024) di Pendopo Dipokusumo. Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi saat pembukaan berharap kegiatan ini akan memperkuat pemuda agar tidak tercuci otaknya ke paham intoleran.

“Satu satunya cara agar tidak terpengaruh paham intoleran, di-brainwashed paham ekstrimis/radikal, caranya cuma satu yaitu dengan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila,” kata Bupati Tiwi.

Bupati mengakui, paham intoleran/ ekstrimis/ radikal saat ini menjadi ancaman bangsa. Paham ini memiliki indikasi ingin mengganti ideologi Pancasila dengan ideologi lain. Paham tersebut tidak menghargai adanya perbedaan, merasa pahamnya paling benar, dan ingin mengoyak persatuan dan kesatuan dalam wadah kebhinekaan.

“Paham paham ini sudah masif luar biasa masuk ke lingkungan intelektual. Lingkungan sekolah, kampus, bahkan birokrasi aparatur abdi negara,” imbuhnya.

Oleh karena itu di Bulan Juni yang dicanangkan sebagai Bulan Pancasila ini, Pemkab Purbalingga menggelar berbagai kegiatan untuk menginternalisasi nilai-nilai Pancasila. Mulai dari Pancasila Youth Camp dengan sasaran pelajar (Forum OSIS), Sarasehan Kebangsaan khusus ASN Pemkab Purbalingga serta Sarasehan Kebangsaan khusus pemuda ini.

“Saat ini sasarannya adalah tokoh pemuda. Karena pemuda ujung tombak masa depan bangsa. Tujuannya membangkitkan kembali pemahaman dan arti penting Pancasila serta meningkatkan kecintaan terhadap Pancasila sebagai ideologi bangsa,” katanya.

Untuk diketahui, Sarasehan Kebangsaan kali ini diikuti 350 orang peserta dari berbagai organisasi pemuda di Purbalingga. Mereka antara lain : Keluarga Besar Marhaenis (KBM), Persatuan Alumni Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (PA GMNI), Karang Taruna, Para Mahasiswa UNPERBA, Purna Paskibraka tahun 2022 dan 2023 dihadiri juga ASN PPPK.

Sarasehan Kebangsaan kali ini diisi materi oleh 3 narasumber. Mereka diantaranya : Dr Iskatrinah MSi (Pembantu Dekan II UNWIKU sekaligus mahasiswa BPIP) menyampaikan materi Internalisasi dan Aktualisasi nilai-nilai Pancasila untuk kesejahteraan masyarakat Purbalingga, Dr Kamson SH MM MPd (Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNPERBA) menyampaikan materi Wawasan Kebangsaan, dan Supriyono SSos MSi (Ketua KBM Purbalingga) menyampaikan materi Kebhinekaan dalam Bingkai NKRI.(Gn/Prokompim)