PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi menghadiri acara Grantung Bersholawat, di Desa Grantung Kecamatan Karangmoncol, Kamis (11/7/2024) malam. Kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1446 H yang sebelumnya dirangkaikan Ruwat dan Sedekah Bumi.

Bupati Tiwi mengapresiasi terselenggaranya, Grantung Bersholawat ini. “Karena kalau masyarakat suka bersholawat, maka rahmat dan berkah akan Allah turunkan untuk Desa Grantung ini,” kata Bupati Tiwi.   

Kegiatan Grantung Bersholawat ini, dipimpin Ustadz Habib Abdul Qodir bin Zen Ba’bud. Bupati mengajak di tahun baru Islam ini, untuk memantapkan tekad dalam hati agar ke depan menjadi manusia yang lebih baik dibanding tahun sebelumnya.

“Mantapkan hati untuk jadi orang yang bermanfaat, karena sebaik-baik manusia adalah orang yang bermanfaat bagi orang lain,” katanya.

Sebelum diselenggarakannya, Grantung Bersholawat ini, Desa Grantung telah menyelenggarakan Ruwat dan Sedekah Bumi pada siang harinya. Bupati Tiwi juga menyambut baik tradisi masyarakat Jawa tersebut.

Menurutnya, Ruwat dan Sedekah Bumi merupakan tradisi yang mengekspresikan rasa syukur manusia kepada sang pencipta yang telah melimpahkan rezeki selama tahun lalu. “Kita sebagai manusia wajib bersyukur atas karunia yang telah diberikan, semoga Grantung semakin maju, dan hasil buminya semakin melimpah ruah,” katanya.(Gn/Prokompim)