PURBALINGGA – Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi mengenalkan sejumlah potensi unggulan yang dimiliki Kabupaten Purbalingga saat ramah tamah dengan penjabat baru Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto di Pendopo Dipokusumo, Senin (22/07/2024). 

Bupati menyebut, selain kaya akan potensi pertanian dan industri, Purbalingga yang terletak di lereng Gunung Slamet juga kaya akan beragam destinasi wisata dan kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Seperti Wisata Golaga dan D’Las Serang yang ada di Kecamatan Karangreja. Perbukitan Siregol di Kecamatan Karangmoncol dan kuliner khas Purbalingga, yakni Gulai Melung Bu Hadi Kejobong, Soto Kriyik, dan Es Duren Bancar.

“Kita juga memiliki event wisata tahunan bertajuk “Festival Gunung Slamet” yang tahun ini masuk dalam kalender event Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) sebagai Karisma Event Nusantara (KEN) 2024,” jelas Bupati Tiwi. 

Lebih lanjut Bupati Tiwi menjelaskan, dikarenakan kontur wilayah yang terdiri dari dataran tinggi dan dataran rendah menjadikan Purbalingga juga memiliki potensi bencana yang menuntut kewaspadaan bersama. Seperti di Karangjambu dan Karangreja yang rawan akan bencana longsor, dan di Kemangkon rawan bencana banjir. 

“Untuk itu saya berharap sinergitas antara pemerintah daerah dengan Polres Purbalingga bisa terus terjalin dan dimantapkan lebih baik lagi untuk bersama-sama melayani masyarakat yang ada di Purbalingga,” kata dia. 

Kapolres Purbalingga AKBP Rosyid Hartanto menyatakan kesiapannya untuk bekerjasama dengan Pemkab Purbalingga dan menjadi bagian dari keluarga besar jajaran Forkopimda Purbalingga. Kapolres menuturkan, pihaknya telah mengunjungi beberapa wilayah kecamatan seperti di Mrebet dan Padamara dalam rangka pengenalan wilayah dan menggali potensi yang ada di tengah masyarakat.

“Bapak/Ibu camat tidak usah kaget jika kami ke wilayah tanpa pemberitahuan ke polsek setempat. Kami ingin ke wilayah dan menyentuh langsung masyarakat agar mereka makin guyub, makin sadar hukum, dan makin tertib,” ujarnya. 

Acara ramah tamah pejabat baru Kapolres Purbalingga dihadiri oleh Sekda Herni Sulasti, Ketua Dekranas, jajaran asisten, kepala OPD, pimpinan BUMD, camat, dan kepala desa se Kabupaten Purbalingga.(tha/prokompim)