PURBALINGGA – Sebanyak 18 Grup Kentongan mewakili masing-masing kecamatan di Purbalingga unjuk gigi menampilkan atraksi terbaiknya dalam Festival Kentongan, Minggu (25/8/2024) di Alun-alun Purbalingga. Festival yang digelar untuk memeriahkan peringatan HUT Ke – 79 Kemerdekaan RI ini, menjadi magnet ribuan masyarakat untuk hadir menyaksikan.

“Tidak hanya memperingati HUT Ke-79 Kemerdekaan RI, tidak hanya memberikan tontonan, tapi kegiatan Festival Kentongan ini sebagai bentuk menguri-uri budaya, melestarikan budaya lokal budaya tradisional Purbalingga,” kata Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi.

Bupati berharap, melalui Festival Kentongan ini akan semakin banyak pegiat seni Kentongan yang akan terpacu melestarikan dan menambah kreativitasnya. Semakin banyak masyarakat yang bangga dengan seni budaya lokal ini.

“Semoga ini bisa memberikan hiburan kepada masyarakat Purbalingga,” katanya.

Bupati juga menginformasikan, disamping Festival Kentongan ada event lain dalam menyemarakkan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI di Purbalingga. Event tersebut antara lain : Konser Kemerdekaan bersama Gilga Sahid pada Kamis 29 Agustus 2024 di Alun-alun Purbalingga dan Karnaval Pembangunan pada Sabtu 31 Agustus 2024 di Alun-alun Purbalingga.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Kabupaten Purbalingga, Tri Gunawan Setyadi menjelaskan Festival Kentongan disamping untuk memeriahkan HUT Ke-79 Kemerdekaan RI juga dalam rangka sosialisasi Gempur Rokok Ilegal.

“Festival Kentongan diikuti 18 peserta dari semua kecamatan di Purbalingga. Kegiatan ini pada saatnya nanti akan ditentukan Juara 1, 2, 3 dan Juara Harapan 1, 2, 3,” katanya.

Untuk diketahui para juara pada Festival Kentongan kali ini antara lain : Juara 1 Kecamatan Rembang, Juara 2 Kecamatan Bojongsari, Juara 3 Kecamatan Kemangkon, Juara Harapan 1 Kecamatan Kaligondang, Juara Harapan 2 Kecamatan Kalimanah, dan Juara Harapan 3 Kecamatan Purbalingga. Para pemenang mendapatkan uang pembinaan, trofi dan uang transport.(Gn/Prokompim)